Jumat, 01 November 2013

Browse Manual » Wiring » » » » » » » Tips Merawat Laptop Dengan Baik Benar

Tips Merawat Laptop Dengan Baik Benar

Bagi yang baru beli laptop atau pun yang sudah ada, saya berikan beberapa tips cara marawatnya supaya awet. Bisa kita ketahui jaman sekarang laptop atau notebook bukan lagi barang mewah. Karena sekarang mempunyai laptop merupakan suatu tuntunan dan wajib di punyai setiop orang demi mendukung kinerja dan aktifitas mereka. Meski bukan barang mewah laptop juga memerlukan suatu perawatan. Dengan tujuan laptop itu supaya bisa tahan lama dan tidak mudah rusak.


Untuk itu mari kita simak bersama, saya memberikan beberapa tips sederhana namun juga mempunyai hal yang penting untuk dimengerti. Berikut tips nya :


  1. Memasang screen protector pada layar laptop agar tidak tergores atau terkena debu. Harga nya juga tidak terlalu mahal sekitaran harga 50 ribuan. Atau bila memang kotor, bersihkan menggunakan cairan LCD cleaner. Biasanya dijual satu set. 
  2. Menggunakan pelindung keyboard, supaya terlindung dari debu, air dan lainnya. Ini penting dipasang karena biasanya di sela - sela keyboard sering kemasukan debu atau semacamnya dan akhirnya korslet.
  3. Menggunakan kipas angin laptop untuk menghindari panas berlebih atau overhead. Ini ditempatkan dibawah laptop. Harganya juga gak mahal-mahal amat kok.
  4. Ketika ingin charging laptop, lebih baik pasang dulu kabel yang menuju ke laptop. Nah setelah itu baru memasang saklar ke stopkontak listrik, dan jangan gunakan laptop sambil ngecharge, tunggu full dulu beterainya baru gunakan, ini untuk mencegah baterai ngedrop dan cepat soak. 
  5. Apa bila laptop Anda jam terbangnya tinggi, mungkin hidup hampir 24 jam. Ada baiknya Anda membeli UPS sebagai tambahan. Ini untuk mencegah baterai cepat soak. Dengan cara, cabut baterai laptop Anda, kemudian langsungkan saja kable charge ke laptop Anda. Sketsa nya seperti ini (cabut baterai laptop - colokin chargernya ke laptop - sambungkan kabel charger ke UPS - kable UPS dicokin ke stop kontak listrik) Hal ini dilakukan agar pada sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik ditempat Anda, laptop Anda tidak ikut padam karna sudah diantisipasi sama UPS tadi. Jadi Anda masih sempat untuk nge save tugas-tugas Anda, untuk selanjutnya lalu menshutdown laptop Anda. Jadi prinsipnya agar laptop tidak mati mendadak, karna hal ini dapat merusak komponen laptop Anda atau setidaknya mengurangi umur dari hardware laptop atau komputer juga berlaku dalam hal ini.
  6. Sewaktu menggunakan laptop Anda, letakkan lah laptop Anda ditempat yang datar (meja atau lantai). Jangan letakkan laptop Anda pada saat digunakan diatas tilam, bantal, atau karpet. Karna ini akan memicu naiknya debu melalui hisapan kipas yang ada didalam laptop atau pun kipas tambahannya. 
  7. Tidak meletakkan laptop disekitar sumber medan magnet, ex.TV, Handphone, Radio. Sebab akan merusak komponen hardisk.
  8. Jangan membiasakan manaruh minuman atau suatu cairan disekitar latpo, hal ini untuk mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan seperti tertumpah lalu mengenai laptop Anda. Pasti Anda tidak mau kan hal ini terjadi.
  9. Gunakan listrik yang stabil, karena naik turunnya tegangan bisa menyebabkan komponen-komponen di laptop rusak. Baiknya gunakan tambahan stabilizer (itu lo yang sering ada diatas kulkas)
  10. Yang terakhir tambahannya teraturlah dalam melakukan defragmenting dan disk cleanup biar laptop tidak lemot & tetap prima.
Itulah tips merawat laptop dari saya supaya awet dan tahan lama, jadi rawatlah laptop Anda agar awet dan tahan lama. Kecuali Anda pembaca yang banyak uang sehingga mengenyampingkan hal diatas..
semoga bermanfaat.!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar