Rabu, 23 Oktober 2013

Browse Manual » Wiring » » » » » » » Fungsi Dekompresi Si Kecil Penuh Arti

Fungsi Dekompresi Si Kecil Penuh Arti


Wujudnya kecil tapi sangat membantu bagi para rider yang telah memperbesar kapasitas mesin dan meningkatkan kompresinya. Terdapat juga di sepeda motor standar yang telah memiliki kompresi yang lumyan tinggi dan cukup besar kapasitas mesinnya. Part itu bernama dekompresi atau bisa disebut dekompresi kem karena part ini letaknya ada di noken as. Sesuai dengan namanya "dekompresi", ini adalah kebalikan dari kompresi. 

Fungsi dekompresi adalah membocorkan sedikit kompresi agar kita yang hendak menyalakan sepeda motor baik menggunakan elektrik stater ataupun dengan kick stater bisa dengan mudah melakukannya tanpa perlu membuang banyak keringat dan kalori untuk menyalakannya.

Dekompresi bekerja pada saat mesin mati sampai hendak dinyalakan kembali, pada proses penyalaan, dekompresi akan membuka sedikit klep buang untuk membocorkan sedikit kompresi. walaupun namanya dekompresi tapi tidak perlu khwatir kompresi akan jadi kurang padat karena proses pembocoran sedikit kompresi hanya terjadi pada saat proses penyalaan mesin. Dekompresi akan ke posisi di mana dia tidak bisa menonjok klep buang. Itulah fungsi dari dekompresi dan buat para speedlovers yang sampai saat ini cukup kesulitan untuk menyalakan mesinnya, mungkin ada baiknya menggunakan noken as yang sudah terdapat lubang dekompresi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar